Pendaftaran Pasien

Bagian Pendaftaran pasien adalah mukanya pelayanan rumah sakit terhadap penderita. Dari situlah pasien dipencar dibagi-bagi ke klinik-klinik pelayanan kesehatan. Di bagian pendaftaran juga kartu-kartu pasien disimpan, difile menurut aturan baku baik secara nomor urut maupun alpabetis nama pasien, agar mudah dicari atau ditemukan kembali.

Pelayanan di bagian pendaftaran pasien menghendaki petugas yang sabar dan ramah sekaligus cekatan. Pertama melayani orang yang dengan segala sipat ego dan temperamen masing-masing yang berbeda-beda. Dan perlu diingat yang dilayani ini kebanyakan orang yang sakitnya sendiri, jadi perlu perhatian husus bukan?

Meskipun kelihatannya sederhana dan mudah tapi di bagian pendaftaran pasien ini perlu ditangani secara baik dan serius. Jadi bagian pendaftaran adalah unit kerja dari Medical Record. Kalau penanganannya tidak standar maka biasanya akan sering terjadi masalah, yang paling klasik adalah pasien kehilangan kartu, entah menyangkut di klinik mana atau di bagian apa.

Saya sering berobat ke RS B.., kelihatan banyak dilakukan perbaikkan pelayanan secara serius, terus menerus, dan profesional. Salah satunya yang saya perhatikan adalah di unit pelayanan pendaftaran pasien itu.

Sebelumnya pasien yang baru datang pagi-pagi sekitar sebelum jam 7 sudah ronghok di meja atau counter pendaftaran. Sehingga ketika petugas datang cukup kebingungan siapa dulu yang mesti dilayani. Hal itu sekarang tidak terjadi lagi pada pagi setiap pagi hari, karena mereka mengadakan perubahan.

Yang mereka lakukan demi perbaikkan adalah pasien begitu datang langsung mengambil nomor urut dan selanjutnya petugas memanggil satu persatu berdasarkan nomor urut tersebut. Jadi pasien tertib duduk menunggu panggilan tidak harus saling mendahului atau takut kedahuluan pasien lain yang datang belakangan.

Meskipun cara baru dengan memakai kartu nomor urut kelihatannya sederhana saja, tapi banyak pasien yang tidak tahu adanya perubahan ini. Di hari selanjutnya saya melihat ada petugas sekuriti yang menunggu di situ memberi tahu pasien agar mengambil kartu nomor berurut tersebut dan mempersilakan untuk duduk menunggu.

Begitulah pelayanan terhadap klien selalu diupayakan lebih baik, lebih tertib, dan lebih teratur. Patut ditiru oleh rumah sakit lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s