Pengalaman Memperpanjang STNK di Samsat Bandung Timur

Berurusan administrasi dengan suatu institusi pemerintahan adalah kesannya ruwet dan sangat birokratis, itu dalam benak saya. Seharusnya urusan kendaraan bermotor yang notabene membayar pajak (pemasukan uang bagi negara) seyogianya dipermudah, disederhanakan, dan pembayar pajak di-happy-kan, hehehe itu juga pemikiran dan harapan saya.

Karena pemikirannya begitu, secara psikologis saya sudah kalah duluan, pasrah, nrimo, apapun yang akan terjadi maka terjadilah. Itulah yang ada dalam benak saya sebelum mengurus perpanjangan STNK sekaligus mengganti plat nomor dengan yang baru. Padahal saya seharusny lebih PD karena tidak ada “kesalahan” yang saya perbuat, karena pemilik mobil adalah saya sendiri sesuai dengan nama yang tertera dalam KTP, kemudian masa kadaluwarsa STNK dan nomor plat masih 10 hari lagi, KTP punya BPKB punya, ayo dong PD saja! Cuek saja!

Kalau membayar STNK tahunan tidak disertai dengan penggantian nomor plat kendaraan sudah rutin saya lakukan setiap tahun dengan datang ke drive thru Samsat Bandung Timur, sudah dilayani dengan memuaskan prosesnya hanya beberapa menit saja, pelayanan yang very very good!

Hanya kenapa kali ini saya jadi tidak PD, karena kali ini penggantian STNK dengan disertai penggantian nomor plat mobil yang dipebaharui 5 tahun sekali, tentunya prosedurnya tidak sepeti di drive thru, akan tetapi harus masuk ke dalam kantor Samsat itu mengikuti tahap-tahap (birokrasi) yang telah ditentukan. Dan urutan-urutan itu yang membuat saya keder maklum, sekali lagi, lima tahun sekali.

Inilah urutan yang saya lakukan, jangan lupa membawa KTP, kendaraan, STNK, dan membawa BPKB:

  1. Pertama-tama datanglah ke bagian formulir untuk mendapatkan formulir untuk menggesek nomor mesin dan nomor kendaraan
  2. Lalu pergi ke halaman Samsat untuk pengecekan fisik kendaraan yaitu dengan menggesek nomor mesin dan nomor chasis, itu dilakukan oleh petugas lalu ditandatangani oleh petugas lain di tenda
  3. Masuk ke dalam kantor Samsat lagi untuk persetujuan ke dua, lokasinya di bagian belakang tempat duduk hadirin
  4. Pergi ke gudang file yang lokasinya tersembunyi di belakang masjid, istilahnya cabut file
  5. Datang lagi ke bagian formulir dan formulir akan dilengkapi dengan beberapa formulir terutama untuk diisi nama dan alamat yang sesuai dengan yang ada di KTP
  6. Datang ke bagian pengesahan untuk pembayaran
  7. Melakukan pembayaran di bank bjb di samping tempat itu juga sebesar sesuai yang ditentukan
  8. Setelah membayar lalu tunggu di tempat pengambilan STNK baru, akan tetapi ternyata STNK baru saat itu belum selesai karena kata petugasnya sedang tidak ada material, harus datang tiga hari lagi
  9. Pada hari yang sudah ditentukan datang lagi dan seperti yang dijanjikan STNK baru keluar dan selesai
  10. Datang ke bagian pengambilan plat nomor ternyata untuk plat nomor baru itu harus menunggu satu bulan lagi, akan tetapi di bagian belakang resi STNK baru tersebut, dicap oleh petugas suatu pernyataan bahwa nomor platnya akan selesai sebulan lagi sehingga apabila ada razia tinggal menunjukan pernyataan tersebut.

Begitulah pengalaman saya memperpanjang STNK kendaraan roda empat pada bulan Mei 2011 di Samsat (Sistem Administrasi Satu Atap) Bandung Timur dengan penggantian nomor plat.

Meski harus menunggu satu bulan lagi untuk plat nomor kendaraan namun saya merasa puas dengan pelayanan yang cukup ramah dan satu ini yang penting tidak ada pungli dan tidak ada percaloan.

Bravo Samsat Bandung Timur!

Lihat peta Samsat Bandung Timur


8 responses to “Pengalaman Memperpanjang STNK di Samsat Bandung Timur

  1. Kalo kendaraannya di luar kota gimana ya? Ga perlu di bawa ke kantor samsat sesuai kode platnya, kejauhan sih! Boleh ga ya? Gesek no. Mesin dan no. Rangka di jogja, perpanjang stnk dan ganti plat di Bandung. Gimana tuh? Ada yg punya pengalaman ga? Share dong :))

  2. ganti stnk tahunan nggak masalah ya nggak bawa motornya juga, tapi ganti plat yang lima tahunan itu yang memang agak sulit. pengalaman saya motornya di Jakarta, gesek nomor di Jakarta tapi akhirnya di Bandung minta tolong orang yang kenal

  3. pak kalo stnk yg prpanjang bln agustus sudah ada apa belum..
    katanya dulu november..suruh di ambilya..
    !”??
    karna krtasnya ga ada…

  4. kalo misalnya perpanjang stnk+ganti plat nomor pakai fotokopian bpkb bisa ga ya?

  5. kalo misalnya perpanjang stnk+ganti plat nomor pakai fotokopian bpkb bisa ga ya?

  6. saya memperpanjang stnk motor 5 tahunan melalui biro jasa BOUCHE JL Veteran Bdg .STNK selesai tepatwaktu.tapi PLAT NOMOR/D.6872GG. saya tunggu dari bulan september 13 s/d Juni 14.belum selesai alasannya dari samsatnya tidak ada plat nomor/kosong.
    apakah memang keadaannya demikian

Leave a Reply

