Jalan Soekarno – Hatta Bandung

Dulu tahun 80-an jalan Soekarno – Hatta yang berada di kota Bandung ini adalah jalan terpanjang yang bebas hambatan. Sebelum ada jalan tol Padaleunyi jalan Soekarno itu betul-betul bypass jika ingin memotong kota Bandung. Dari Cibeureum sebelah barat sampai Cibiru sebelah timur saat itu jalan yang demikian panjangnya dapat ditempuh 20 menit saja barangkali pekiraan yang kelamaan.

Sekarang sudah bukan bypass lagi (sambil saya sendiri tidak tahu makna yang jelas dari bypass untuk jalan Soekarno – Hatta ini), bukan jalan bebas hambatan lagi. Jalan apa atuh? Jalan padat, jalan macet, kiri kanan jalan penuh dengan pemukiman dan tempat usaha, bahkan beberapa pabrik ada di sini. Misalnya di salah satu pabrik tekstil, bukan pabriknya yang memacetkan akan tetapi pegawainya ketika jam masuk dan keluar untuk gantian/shift, karyawan ratusan menyebrangi jalan Soekarno Hatta.

Karena panjangnya jalan ini, dan banyak memotong jalan besar maka tentu saja ada belasan lampu pengatur lalu lintas yang meski untuk mengatur untuk kelancaran lalu lintas tapi karena demikian banyaaaaknya kendaraan roda empat dan masyaalah sepeda motor luar biasa, ribuan. Sehingga traffic light adalah sumber kemacetan. Coba saja anda lewat perempatan Kiaracondong dan Buahbatu pada sekitar jam 07:00 – 10:00 pagi, setengah jam anda akan terjebak kemacetan di sana.

Kurangi kecepatan

Kurangi kecepatan

Sekarang malahan ada yang menambah kemacetan jalan Soekarno – Hatta Bandung ini, yaitu pekerjaan perbaikkan jalan. Sepanjang jalan Soekarno – Hatta ada terdapat puluhan bangunan seperti ini di sebelah kiri jalan jika anda menempuh pejalanan dari barat ke timur. Saya tidak begitu ingat sudah berapa lama perbaikkan jalan ini, tapi kalau setengah tahun mungkin sudah ada.

Ada lubang menganga

Ada lubang menganga

Bangunan darurat yang tertutup dari sebelah barat (demi keindahan) ternyata kalau dilihat dari arah timur blong terbuka sehingga bisa dilihat sedang apa di dalam.

Atau yang ini saya hanya memotret dan tidak ada tempat bertanya sedang apa sih kok pekerjaannya lama sekali?

Atau seperti ini

Atau seperti ini

Semoga jalan Soekarno – Hatta ke depan akan lebih baik, apa bisa ya? Kita selalu berharap semoga, amien.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s